Dunia Arsitek

Alamai Peningkatan Produksi Batu Bata di Kamsel, Cuaca Ambil Peranan Aktif

Produksi batu bata serta genteng yang bertambah waktu kemarau tidak memengaruhi tingkat keinginan di Lampung Selatan (Lamsel).

Karto, pencipta batu bata di Kampung Tanjung Sari, Kecamatan Palas menyebutkan waktu kemarau produksi batu bata tambah cepat dibentuk. Proses pengeringan menggunakan cahaya matahari tambah cepat dibanding waktu penghujan.

Karto menyebutkan waktu kemarau dia dapat keringkan kurang lebih 500 batu bata cuma dalam tempo 4 hari. Awal kalinya dengan jumlah sama dia perlu waktu kurang lebih satu minggu buat keringkan batu bata.

Baca Juga : plafon gypsum

Keadaan cuaca panas yang menyuport proses pengeringan bikin produksi tambah cepat. Waktu kemarau dia menyebutkan bahan bakar kayu buat pembakaran lebih simpel dicapai.

Dalam 1 bulan Karto menyebutkan umumnya dia dapat menghasilkan sejumlah 3000 batu bata. Waktu kemarau dia dapat menghasilkan kurang lebih 5000 batu bata terbantu oleh musim kemarau.

Artikel Terkait  :harga genteng meta

Meskipun produksi bertambah dia menyebutkan tidak langsung bisa menjajakan batu bata bikinannya. Sehabis batu bata dikeringkan proses pembakaran dapat dijalankan waktu ada pesanan dari pembeli.

Area pembakaran batu bata atau dikenali dengan tobong disediakan buat proses pembakaran batu bata, Selasa (3/12/2019) – Photo: Henk Widi
“Pengerjaan batu bata yang telah kering dapat ditaruh dalam tempo lama dalam tobong maka dari itu proses pengerjaan bisa tetap dijalankan waktu kemarau menggunakan panas yang cukup,” jelas Karto waktu dijumpai Cendana News, Selasa (3/12/2019).

Karto menyebutkan waktu kemarau dia menjajakan dengan harga Rp300.000 per seribu batu bata. Harga itu lebih rendah dibanding awal kalinya menggapai Rp350.000 per seribu batu bata. Produksi yang bertambah waktu kemarau disampaikannya tidak diikuti dengan keinginan dari pembeli.

Kurangnya masyarakat yang bikin bangunan bikin Karto pilih simpan batu bata sebelumnya dibakar.

Waktu 1 bulan paling akhir dari persediaan sejumlah 50.000 batu bata dia cuma menjajakan sejumlah 20.000 batu bata dalam 2 sesi. Tersisa batu bata yang telah dibakar beberapa dipercayakan di beberapa toko bangunan.

READ  Kombinasi Aqua dan Merah, Tak Lekang Termakan Waktu
Back To Top