Blog

Jangan Lewatkann 6 Bahan Alternatif Ini Bisa untuk Bangun Rumah Murah

Membentuk rumah sekarang telah mulai banyak rujukannya. Juga, kalau mau membentuk rumah yang murah.

Satu diantaranya pengurangan cost merupakan cari material preferensi buat membentuk rumah murah. Tidak cuman material bahan bangunan secara umum, waktu ini banyak diketemukan technologi bahan preferensi yang lebih efisien.

Mencuplik buku ‘Rumah Murah Seri Rumah Ide’, kreasi Imelda Akmal, Architectural Writer Studio, berikut material preferensi mau membuat rumah murah:

Baca Juga : harga bata hebel
1. Semen Mortar

Secara grup harga semen mortar sedikit tambah mahal ketimbang semen biasa. Tapi, penggunaannya lebih hemat, cepat, serta tak dibutuhkan banyak tukang.

Dengan semen siap gunakan, kita tidak usah mengira-ngira gabungan pasir serta semen.

2. Beton Aerasi

Beton ini lebih gampang ketimbang batu bata biasa. Maka dari itu, beban landasan dapat dikurangi.

Ukuran grup lebih berpresisi dengan dimensi makin besar maka dari itu penggunaannya semakin sedikit buat satu area dinding. Beton Aerasi ini kedap suara serta relatif tahan api dengan daya serap rendah maka dari itu tak simpel lembab.

Simak Juga :ukuran bata ringan
3. Kertas

Di Jepang sampah kertas didaur ulangi jadi bahan bangunan preferensi. Pembawaannya yang gampang sesuai dipakai buat bangunan tahan gempa.

Baca pula: Membikin Rancangan Teras Mencaci, Baca Tekniknya di Sini

Tapi, technologi serta penggunaannya belumlah cukup saudaraer untuk orang Indonesia. Tidak hanya itu, karakter basic kertas yang kurang tahan air cukup merepotkan program di wilayah bercurah hujan tinggi.

4. Styrofoam (EPS Sandwich Panel)

Expanded Polystyrene atau yang dikenali dengan arti styrofoam acapkali dijumapi menjadi wada makanan serta pengaman barang elektronik. Nyatanya, Styrofoam juga dapat jadikan material preferensi buat dinding.

EPS Sandwich panel umpamanya, berbentuk dua panel metal yang sisi tengahnya diisi styrofoam. Tidak cuman gampang serta bertahan lama, panel ini pula kedap suara.

5. Fiber Semen

Bahan ini adalah material substitusi asbes gelombang lantaran asbes adalah zat yang beresiko untuk kesehatan. Fiber semen diguanakn menjadi amterial penutup atap serta cladding. Tidak cuman gampang serta tahan rayap, fiber semen relatif simpel terpasang.

READ  Alternatif Bahan Bangunan, Kerang Laut Bisa Jadi Beton

6. Container serta Tube

Peti bungkus serta sisa gerbong kereta juga dapat jadikan tempat bernaung yang murah. Kita tinggal bikin bukaan buat pintu serta jendela.

Tapi, simak aliran udara serta insulasi panas kalau di wilayah tropis.

Back To Top