Blog

Cara Mencegah Jamur di Interior Rumah

Hadirnya jamur karena lembab memang tidak menyenangkan. Akan tetapi kita bisa mencegahnya supaya tidak hadir di dalam rumah kita.

Tetap pertahankan pemeliharaan rumah di luar rumah
Mencegah lebih baik daripada mengobati ketika datang ke masalah lembab. Periksa atap rumah Anda secara teratur apakah ada kerusakan, terutama setelah cuaca badai. Bersihkan selokan dan perbaiki atau ganti segera setelah terjadi kerusakan. Alat kliring selokan yang dirancang khusus akan membantu pekerjaan ringan ini atau memasang pelindung selokan untuk membantu menjaga dedaunan dan puing-puing keluar.

Periksa penunjuk bagian luar tembok bata, dan jika Anda memiliki kekhawatiran tentang runtuhnya mortir, bicarakan dengan profesional untuk menyelidiki perbaikan.

Jaga agar rumah tetap hangat
Kondensasi terjadi ketika udara hangat dan lembab menyentuh permukaan yang dingin seperti kaca jendela yang dingin atau dinding eksternal yang dingin. Insulasi loteng dan dinding dapat membantu menciptakan ruang yang lebih hangat, dan pemasangan kaca ganda yang tepat akan membantu menghindari jendela berkabut karena panel bagian dalam kaca diisolasi dari udara dingin di luar.

Cobalah untuk mempertahankan suhu konstan di dalam rumah Anda dengan mengatur termostat Anda ke suhu yang lebih rendah, tetapi dalam periode waktu yang lebih lama setiap hari. Ini akan membantu untuk menghindari kenaikan dan penurunan suhu yang tiba-tiba, ketika kondensasi dapat terjadi. Jika sistem pemanas sentral Anda dipasang beberapa waktu lalu, pertimbangkan untuk meningkatkan elemen untuk membuat rumah Anda lebih efisien dan lebih mudah dikendalikan. Termostat ruang yang dapat diprogram dan katup radiator termostatik memudahkan memanaskan rumah Anda di tempat yang paling membutuhkannya, dan perangkat Smart Home memungkinkan Anda memantau penggunaan suhu dan energi serta mengontrol pemanasan Anda saat jauh dari rumah.

Bantu memanfaatkan pemanas saat menghidupkan dengan memastikan bahwa radiator tidak terhalang oleh furnitur dan penghangat handuk tidak dibebani dengan handuk basah.

Baca juga: harga batu alam

Hindari menghasilkan banyak kelembaban
Pengeringan di dalam ruangan dapat menciptakan banyak kondensasi, jadi cucian kering di luar ruangan di rotary dryer atau gunakan pengering rambut jika memungkinkan. Anda akan terkejut betapa cucian dapat mengering di luar bahkan di musim dingin (selama tidak hujan). Pilih pengering dengan nilai A atau A * yang efisien untuk menjaga biaya operasional serendah mungkin.

READ  Ini Dia Kualitas WRG sebagai pengganti wiremesh

Vented pengering jatuh adalah pilihan yang baik jika Anda sudah memiliki ventilasi dipasang, jika tidak memilih untuk pengering kondensor yang tidak perlu ventilasi dan tidak akan memungkinkan udara lembab untuk melarikan diri ke rumah Anda. Sebuah dehumidifier dengan pengaturan laundry bisa menjadi bantuan besar jika di dalam ruangan pengeringan tidak dapat dihindari.

Cobalah untuk menghindari proyek perbaikan dan pembersihan rumah yang menghasilkan banyak kelembapan saat cuaca dingin atau basah dan permukaan mengering lebih lambat. Tugas-tugas seperti melukis dan mendekorasi, mengepel lantai dan membersihkan jendela sebaiknya disimpan untuk hari-hari yang lebih baik ketika Anda dapat dengan nyaman membuka jendela.

Pastikan rumah Anda berventilasi baik
Menyediakan rute agar uap air keluar dari rumah Anda akan membantu meminimalkan kondensasi. Periksa kembali apakah mesin cuci dan mesin pengering telah terpasang dan dilepas dengan benar. Pasang kipas pengekstrak di kamar mandi dan dapur jika belum ada, dan pastikan sudah siap untuk jangka waktu yang cukup lama untuk membersihkan kelembaban dari kamar Anda.

Buka jendela jika memungkinkan – bingkai jendela yang lebih baru memungkinkan Anda untuk membuka jendela hanya sedikit dan kemudian mengunci di tempatnya. Ini sangat penting selama bulan-bulan yang lebih dingin ketika kita menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

Back To Top