Konstruksi

Tips Menghitung Tekanan Air Rumah yang Benar

Memahami sistem tekanan air yang dipasang di rumah Anda adalah penting ketika memilih keran, pancuran dan alat kelengkapan pipa lainnya untuk rumah Anda. Cocokkan keran atau pancuran yang tepat dengan tekanan air Anda dan Anda akan mendapatkan kinerja yang hebat – tidak cocok dengan keran Anda dan Anda mungkin menemukan keran Anda berjalan sangat lambat, atau air panas dan dingin mengalir pada laju aliran yang berbeda sehingga sulit untuk mencapai keseimbangan yang nyaman.

Dengan sistem air bertekanan rendah, penting untuk mengatasi tekanan air untuk membantu Anda membeli pancuran atau keran yang benar yang dapat bekerja secara efektif dengan tekanan yang Anda miliki. Tekanan air diukur dalam bar, dan produk yang dirancang untuk tekanan ini akan diberi label yang sesuai.

Untuk menghitung tekanan, Anda bisa meminta tukang ledeng untuk memeriksanya, dan mereka akan menggunakan alat pengukur tekanan, yang juga bisa Anda beli dan gunakan sendiri. Atau Anda bisa mendapatkan panduan kasar dengan mengukur drop antara tangki dan ketuk.

Mulailah dengan mengukur ketinggian antara bagian bawah tangki air terbuka atau berventilasi dan outlet keran Anda. Anda mungkin menemukan bahwa ini berarti mengukur dari keran ke langit-langit, dan kemudian dari lantai loteng ke bagian bawah tangki. Jika ada lantai di antaranya, ukur ketinggian dari lantai ke langit-langit dan tambahkan semuanya. Jangan lupa untuk memungkinkan kedalaman setiap lantai juga. Cobalah untuk mengukur seakurat mungkin, ke meter terdekat.

Setiap meter drop setara dengan 0,1 bar tekanan (lihat tabel di bawah). Sistem air yang beroperasi pada tekanan 1,0 bar (10 m drop) atau lebih besar dianggap sebagai sistem bertekanan tinggi. Mereka yang memiliki tekanan kurang dari 1,0 bar dianggap tekanan rendah.

 
Jarak Tekanan air
1 meter 0,1 bar = Tekanan rendah
2 meter 0,2 bar = Tekanan rendah
3 meter 0,3 bar = Tekanan rendah
4 meter 0,4 bar = Tekanan rendah
5 meter 0,5 bar = Tekanan rendah
6 meter 0,6 bar = Tekanan rendah
7 meter 0,7 bar = Tekanan rendah
8 meter 0,8 bar = Tekanan rendah
9 meter 0,9 bar = Tekanan rendah
10 meter + 1.0 bar = Tekanan tinggi
READ  Aksesori Dekorasi Teras Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Sumber referensi tambahan: ukuran glass block

Saat Anda siap untuk memilih keran atau pancuran, Anda akan menemukan tekanan air yang cocok untuk akan diberi label dengan jelas. Menyesuaikan produk yang tepat dengan tekanan Anda akan memastikan mereka bekerja dengan baik di rumah Anda.

Anda juga dapat membuat perubahan pada pipa ledeng Anda untuk meningkatkan tekanan air Anda, misalnya dengan memastikan katup stop Anda terbuka (tetapi tidak sepenuhnya).

Back To Top