Blog

Yuk Intip Jenis Material Plafon Rumah, Salah satunya Triplek

Plafon atau yang seringkali dimaksud langit-langit, adalah komponan bangunan yang berperan jadi susunan yang batasi tinggi satu tempat. Tidak hanya itu, plafon pula berfungsi untuk keamanan, kenyamanan, dan kemegahan satu tempat.

Tinggi rendahnya plafon sangatlah tentukan penampakan satu area. Ketinggian ini diukur dimulai dengan permukaan lantai s/d bagian bawah sektor plafon.

Pada tempat tinggal, baiknya tinggi plafon mempunyai ukuran sedang di antara 3-3,5 mtr.. Ini punya tujuan untuk membuat lancar aliran udara dalam rumah dan mempercantik interior. Sesaat batas paling rendah merupakan 2,5 mtr. dari lantai.

Kalau perancangan plafon terlampau rendah jadi tempat dapat berasa pengap serta sesak, maka dari itu atmosfer tempat berubah menjadi kurang baik.

Sebaliknya kalau terlampau tinggi, bisa melenyapkan nilai estetika area dalam rumah meskipun aliran udara berjalan baik serta memberikannya keadaan sejuk.

Di banyak gedung perkantoran bertingkat, normalnya maksimum ketinggian plafon merupakan 2,5 mtr..

Ini dipicu dari ketinggian tiap lantai yang tiga mtr., masih dikurangi dengan balok serta ducting AC. Jadi, kalau melampaui batas maksimal maka bisa membuat pemborosan material.

Mempunyai balita serta sedang mencarinya rumah? Yakinkan ada layanan simpatisan perkembangan anak Anda, antara lain:

Kegunaan plafon

Dilansir dari buku “Pedoman Komplet Membuat Rumah” karangan Gatut Susanta, tidak cuman kegunaan yang udah dikatakan di atas plafon pula berfungsi untuk:

Batas tinggi satu area maka dari itu tidak tampak kosong
Penahan beragam kotoran mempunyai ukuran kecil yang jatuh dari sela atap
Menangkal percikan air hujan yang jatuh lewat atap
Isolator atau pengontrol rasa dingin dan panas yang datang dari atap
Penutup kerangka atap supaya area bertambah bersih dan rapi
Peredam nada, baik yang diakibatkan oleh air hujan atau nada yang lain
Tempat gantungkan elemen penerangan serta listrik

Di toko material bangunan atau toko bahan bangunan sekarang ada jenis material yang biasa diperlukan jadi atap langit rumah, diantaranya;

Triplek

Ukuran triplek yang ada di pasar untuk plafon merupakan 122cm x 244cm dengan ketebalan 3mm, 4mm, serta 6mm. Kerangka plafon gunakan kaso 4/6 atau 5/7 dengan ukuran kerangka kayu 60cm x 60cm.

READ  4 Bagian Bangunan Ini Mudah Kena Serangan Rayap Loh

Untuk memasangnya, triplek bisa dibelah berubah menjadi empat sisi dengan ukuran 61cm x 122cm serta bisa pula terpasang lewat cara utuh tidak dengan dipotong.

Kepentingan material penempatan 1 mtr. persegi plafon triplek seperti berikut:

ukuran triplek sekitar 0,347 lembar
Kaso 5/7 atau 4/6 dengan panjang 4 mtr. sekitar 1,5 tangkai
Paku sekitar 0,220 kg
Kelebihan gunakan triplek jadi bahan basic plafon misalnya:

Simpel penyelesaiannya
Simpel dibeli di pasar
Harga yang terjangkau
Simpel dibetulkan atau ditukar
Enteng
Sesaat kekurangannya merupakan:

Cepat rusak kalau terserang air tak henti
Tidak tahan api
Serat fibersemen/ GRC board

Sekarang serat fibersemen atau GRC board bisa lebih banyak diperlukan oleh orang. Penyebab, material ini tambah murah dibandingkan triplek. Di pasar, ukuran GRC board untuk plafon merupakan 60cm x 120cm serta 122cm x 244cm dengan ketebalan standard 4mm.

Kerangka plafon yang diperlukan bisa berwujud kaso 4/6 atau 5/7. Juga ada orang gunakan besi kotak (hollow) jadi pilihan kerangka plafon.
Material ini acapkali diperlukan mengingat kian tingginya harga kayu sekarang. Ukuran besi hollow yang seringkali ditempatkan ialah 4cm x 4cm.

Penempatan GRC board pada kerangka plafon yang gunakan kaso merupakan melalui langkah dipaku. Sedang pada kerangka besi hollow teknik memasangnya dengan disekrup atau river/viser. Kelebihan gunakan GRC board jadi material plafon adalah:

Pelaksanaanya simpel
Harga relatif tambah murah dari triplek
Simpel dibetulkan atau ditukar
Relatif enteng
Tahan pada api serta air
Sesaat bagian minusnya merupakan:

Masih sukar dicapai di banyak wilayah pelosok
Tidak tahan bentrokan
Baca pula: Pingin membeli rumah melalui langkah KPR? Baca dalam Pedoman Ajukan KPR di Rumah.com!

Gipsum

Style material plafon yang berikut sangatlah pas terpasang pada rumah yang penutup atapnya adalah pelat beton, lantaran ada agunan tidak bocor.

Ukuran gipsum di pasar normalnya 122cm x 244cm. Pada konsepnya, kepentingan bahan untuk penempatan plafon gipsum sama juga dengan GRC board.

Tetapi tidak cuman sekrup, penempatan dapat dijalankan dengan gunakan bubuk gipsum atau compound.

READ  Pemasangan Shower Mixer Termostatik, Ini yang Dilakukan

Bubuk ini berperan jadi lem pada tempat sambungan atau daftar serta ornament. Penempatan sambungan gipsum rata-rata dilakukan melalui langkah diplester terlebih dulu.

Mirip GRC board, penempatan gipsum bisa juga gunakan kerangka besi hollow, melalui langkah disekrup atau rivet/viser bukan dipaku. Penempatan penggantunganya lantas pakai dinabolt/dinaset kalau dijalankan pada tembok.

Sumber : Harga Bahan Bangunan

Back To Top