Dunia Arsitek

Yuk Intip Kelebihan Si Material Anti-Rayap

Kayu jadi bahan basic pembagunan rumah di samping batu bata serta semen. Kayu juga terbagi dalam beragam jenis style, antara lainnya merupakan kayu kamper. Khasnya, kayu ini diketahui untuk material yang tahan banting serta tahan pada gempuran rayap.

Dekoruma telah meringkas info berkenaan kayu kamper yang penting Anda kenal sebelum membeli. Silakan kita baca berikut di bawah ini.

Asal Kritikan Kayu Kamper
Kayu yang punyai nama latin Cinnamomum camphora ini dimaksud kayu kamper sebab baunya yang menyerupai aroma kamper. Datang dari wilayah tropis, kayu kamper banyak didapati di Pulau Kalimantan, utamanya di Samarinda. Tapi seiring waktu, kayu kamper telah mulai dibudidayakan di wilayah subtropis.

Tanda-tanda Kayu Kamper
Lewat cara fisik, kayu kamper punyai ukuran pohon normalnya pada 20-30 mtr. berdiameter 0,6-1,2 mtr.. Serat kayunya didominasi skema serat yang lurus atau bergelombang. Teksturnya juga berasa kasar waktu diraba serta cukup mengkilap waktu disaksikan sebab kayu kamper punya tingkat kilau medium.

Sama yang telah diperinci awal kalinya, kayu kamper punyai ketahanan yang baik maka dari itu awet diperlukan sampai 10-15 tahun. Tidak cuma itu, kayu ini punyai tingkat kekuatan pada hama insekta khusus.

Kelebihan Kayu Kamper
Dari demikian banyak kayu kamper yang ada pada Kalimantan, kayu kamper dari Samarinda termasuk juga kayu kamper yang bermutu baik. Kayu kamper Samarinda punyai serat yang indah maka dari itu finishhing juga tak dibutuhkan lagi. Ditambah, kayu kamper tahan rayap.

Tidak hanya itu, ketahanan kayu kamper pula menyerupai dengan kayu jati, meskipun kayu jati masih lebih kuat dari kayu kamper. Harga juga lumayan murah, maka dari itu pas untuk Anda yang tengah mendirikan rumah atau membuat perabot dengan biaya yang rendah.

Kenapa Kayu Kamper Tahan Rayap?
Baunya yang menyerupai dengan kapur barus bikin serangga seperti rayap serta yang lain pergi. Dengan demikian, Anda tidak usah susah-susah beli pengusir rayap untuk kayu kamper serta tidak butuh cemas kayu kamper cepat lapuk.

READ  Kombinasi Aqua dan Merah, Tak Lekang Termakan Waktu

Kekurangan Kayu Kamper
Meskipun berkemampuan tahan baik, kayu kamper pula mempunyai kekurangan, terlebih waktu telah lama diperlukan serta terserang air sebab kayu kamper dapat menghisap air serta berkurang. Maka, material ini tak pas jadikan bahan basic bikin pintu serta jendela rumah. Tapi, pakai kayu kamper untuk konstruksi atap serta plafon merupakan pilihan terunggul.

Di samping kayu jati, kayu kamper juga dapat jadi pilihan sebab keistimewaannya yang tahan banting dan anti-rayap. Buat rumah yang bertambah nyaman, Anda dapat memasangkan kayu jati serta kayu kamper untuk efektivitas bangunan di dalam rumah.

Back To Top